Azis Syamsuddin

Daya Dukung TNI Pertegas Tekat Negara Melawan Pandemi

Azis Syamsuddin

JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin memberikan apresiasi atas langkah yang dilakukan TNI dalam mempersiapkan SDM untuk pelaksanaan vaksinasi nasional yang telah dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Upaya mengakhiri pandemi Covid 19 tidak bisa dilakukan satu arah. Kuncinya adalah kesadaran dan gotong-royong. Langkah TNI jelas akan memberikan kontribusi besar terhadap pengendalian, maupun pencegahan. Terima kasih atas kontribusinya,” terang Azis Syamsuddin dalam keterangannya, Selasa (22/12/2020).

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini berhadap, kehadiran TNI ikut dalam garda terdepan penanganan vaksinasi, merupakan bentuk perjuangan untuk menyelamatkan bangsa dan negara dari bencana wabah yang sudah hampir satu tahun melanda seluruh tanah air.

Azis Syamsuddin Azis Syamsuddin Azis Syamsuddin

Di sisi lain, sambung Azis Syamsuddin, training of trainers (TOT) yang dilaksanakan sebagai simulasi agar tercapai pengetahuan dan keterampilan untuk menjadi pelaksana Vaksinasi Covid-19.

“Terlebih, simulasi ini mencakup fasilitas kesehatan AD, AL dan AU agar TNI betul-betul menyiapkan fasilitas, sarana dan prasarana, termasuk sumber daya manusia,” imbuh Azis.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI menambahkan, program vaksinasi nasional Covid-19 ini telah dicanangkan Presiden Jokowi untuk mengendalikan wabah dan mengakhiri masa pandemik dan memulai kehidupan yang benar-benar normal kembali.

DPR, lanjut Azis meyakini peran aktif TNI dalam menyiapkan kapasitas SDM melalui kegiatan ToT mampu mendukung program pemerintah dalam mengendalikan pandemik.

“Sejarah mencatat besarnya peranan vaksinasi dalam menyelamatkan masyarakat dunia dari penderitaan, bahkan kematian akibat penyakit-penyakit berbahaya, menjadi rekomendasi, bahwa ini harus dilakukan,” imbuhnya.

Selain itu, diperlukan penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, mulai dari penyimpanan, pengamanan, pendistribusian ke setiap fasilitas kesehatan, serta kesiapan fasilitas kesehatan untuk pelaksanaan vaksinasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga  China Ajak Indonesia Kembangkan Vaksin, Azis Syamsuddin: Ini Bukti Kita Mampu!

“Demi tercapainya keberhasilan dari vaksinasi Covid-19, sekali lagi kita tekankan, bahwa dibutuhkan dukungan seluruh pihak, dari penyediaan SDM untuk melaksanakan pelayanan vaksinasi Covid-19, hingga kerja keras masing-masing individu untuk mematuhi protokol kesehatan,” pungkas Azis Syamsuddin. (scio/ful)

Berita Lainnya

TRENDING BERITA

Berita Utama