Azis Syamsuddin

Azis Syamsuddin Dorong Peningkatan SDM TNI

Azis Syamsuddin

JAKARTA – Latihan perang militer Amerika Serikat bersama satuan Yonif Para Rider 502/Ujwala Yudha di Pangkalan Fort Polk, Lousiana, menjadi sorotan dunia.

Kekuatan militer kedua negara ini, tentu menjadi bahan refleksi, mengukur kedalaman strategi, sumber daya manusia serta kekuatan alusista dalam skala perbandingan.

Latihan perang bertajuk Joint Readiness Training Center atau JRTC Rotation 21-01 tersebut, dilaksanakan dengan waktu 14 hari, yang secara jelas menguji strategi, fisik dan kemampuan personel.

“Apresiasi atas agenda yang dilakukan TNI bersama militer AS. Ini menunjukan, kemampuan militer Indonesia, diperhitungkan negara adi daya,” terang Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin dalam keterangan resminya, Kamis (10/12/2020).

Di luar konteks latihan perang tersebut, Azis Syamsuddin berharap, kemampuan sumber daya manusia (SDM) TNI terus ditingkatkan. Sejalan dengan persaingan alusista yang kian modern saat ini.

“Indonesia sudah mampu memproduksi Pindad G2 (pistol semi-otomatis), Pindad PM2 (senapan mesin ringan) termasuk tipe senjata lainnnya sebagai pelengkap. Tapi yang tidak kalah penting adalah SDM dalam tubuh TNI itu sendiri yang harus terus ditingkatkan,” pinta Azis Syamsuddin.

Ditambahkan Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu, Indonesia memiliki Kopassus. Salah satu pasukan khusus yang ditakuti di dunia, dan menduduki peringkat ketiga di bawa SAS Inggris dan Mossad Israel.

Di kancah internasional, sambung Azis, Kopassus dipercaya PBB untuk menjaga keamanan di Mesir pada 1957 di bawah kepemimpinan Infantri Hartayo. Selain itu, pasukan khusus bernama Garuda Contingent (Konga) juga dipercaya lebih dari 30 kali dilibatkan dalam menjaga perdamaian dunia.

“Kopassus merupakan kekuatan terbaik kedua di dunia. Baik dalam operasi strategi militer maupun kemampuan intelegensi, pergerakan, infiltrasi, dan aksi. Kedepan kita pun tak boleh kalah dengan pasukan elite AS, Delta Forces. SDM kuncinya,” paparnya.

Baca Juga  Azis Syamsuddin Berharap Forum UNIDO Membawa Angin Segar Bagi Tumbuhnya UMKM

Harapan lain, semua matra yang ada di dalam tubuh TNI memiliki kemampuan yang dapat dihandalkan untuk mengamankan dan menjaga NKRI. “Kekuatan militer ini menunjukan kekuatan bangsa kita yang besar,” pungkas Azis Syamsuddin. (scio/ful)

Berita Lainnya

TRENDING BERITA

Berita Utama